Alhamdulillah, STAINU Purworejo Terakreditasi Baik

Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi STAINU Purworejo

Alhamdulillah, setelah dilaksanakan Visitasi oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tanggal 24-25 Mei 2021, Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo berhasil meraih Akreditasi “Baik” yang telah ditetapkan melalui Keputusan BAdan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 575/SK/BAN-PT/Akred/PT/2021. Akreditasi Perguruan Tinggi 9 Kriteria yang telah resmi dikeluarkan BAN-PT ini berlaku lima tahun terhitung sejak tanggal 22 Juni 2021 hingga 22 Juni 2026.

Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ini merupakan akreditasi yang cukup menyulitkan dan menguras tenaga, pikiran dan waktu dari seluruh Tim APT STAINU Purworejo. Sejak awal munculnya kebijakan terkait Akreditasi 9 Kriteria pada awal tahun 2019 oleh para Perguruan Tinggi dianggap sebagai momok yang menakutkan. Bagaimana tidak, dari yang awalnya hanya 7 (tujuh) standar saat ini ada 9 (sembilan) standar atau kriteria yang dinilai, menitikberatkan input, proses, output hingga outcame. Ini merupakan hal yang cukup berat, tidak hanya dirasakan oleh PTN melainkan lebih dari itu mayoritas perguruan tinggi swasta yang sedang berkembang pun sulit untuk melaksanakannya. Namun, melalui semangat dan optimisme yang tinggi STAINU Purworejo memberanikan diri untuk melakukan Akreditasi Perguruan Tinggi dengan 9 Kriteria tersebut.

Semoga dengan capaian tersebut dapat menjadi tolok ukur STAINU Purworejo dapat terus melakukan perbaikan dan peningkatan mutu yang tinggi, karena mutu perguruan tinggi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik input, proses, output dan outcame, atau layanan/kinerja perguruan tinggi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan.

Raihan prestasi yang membanggakan ini turut membawa kebanggan tersendiri bagi STAINU Purworejo dan para pimpinan sekaligus Yayasan, di mana Akreditasi ini merupakan Akreditasi Perguruan Tinggi perdana (pertama kali) yang dilaksanakan oleh STAINU Purworejo selama kurun waktu 47 tahun silam. Jadi, dari sini lah awal pijakan STAINU Purworejo menuju kampus yang berkualitas dan berdaya saing.

Prestasi dan pencapaian ini tentu tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim akreditasi perguruan tinggi, yayasan, maupun dukungan para stakeholder, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan. Kiranya dengan pencapaian akreditasi ini memberikan nilai tambah terhadap STAINU Purworejo dalam rangka mewujudkan pelayanan dan pengelolaan perguruan tinggi yang prima bagi semua pihak. (Humas dan Publikasi)